Kegiatan Capturing TPID Kecamatan Blora

Administrator 22 September 2018 10:02:02 WIB

Sabtu, (22/9/2018) Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Blora mengadakan kunjungan ke Desa Jejeruk Kecamatan Blora. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka kegiatan Capturing, yang merupakan bagian dari kegiatan program inovasi desa. Capturing dalam program inovasi desa merupakan salah satu langkah dalam proses penangkapan pengetahuan inovatif untuk menghasilkan dokumen pembelajaran.

Kegiatan Capturing TPID Kecamatan Blora hari ini di Desa Jejeruk untuk mengidentifikasi bibit inovasi yang ada di Desa Jejeruk yakni Produksi Kerajinan Anyaman Bambu yang bernaung dibawah kelompok Mulyo utomo Binaan Pemerintah Desa Jejeruk. Tim pelaksana Inovasi desa yang di pimpin oleh Abdul Wahid meminta informasi kepada ketua kelompok Mulyo Utomo dan kepala Desa mengenai bibit Inovasi yang akan dimunculkan ini.

TPID kecamatan Blora mengusulkan Kerajinan Bambu Desa Jejeruk sebagai salah satu Bibit inovasi yang akan diangkat dalam Bursa Inovasi Desa (BID) yang rencananya akan digelar akhir tahun ini.

Mengapa Kerajinan Bambu Desa Jejeruk di pilih sebagai bibit atau bakal inovasi yang akan diangkat? Hal ini sesuai dengan kondisi masyarakat pedesaan di kecamatan Blora yang mayoritas memiliki tanaman bambu d sekitar permukiman warga. Dan jumlahnya juga lumayan banyak jadi akan sangat bermanfaat jika tanaman ini dapat di berdaya gunakan sebagai bahan dasar kerajinan anyaman bambu yang memiliki nilai jual tinggi dan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat juga dapat mengurangi tingginya pengangguran. Hal ini sesuai dengan tujuan dari Program Inovasi Desa yaitu mendorong pengembangan ekonomi lokal dan percepatan pembangunan desa guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Dengan pertimbangan dasar inilah TPID Kecamatan Blora akan mengangkat Kerajinan Bambu Desa Jejeruk sebagai Inovasi yang akan ditampilkan dalam BID nanti.

Sebagai kegiatan pertama yakni capturing, ketua TPID kecamatan Blora beserta Tim PID kecamatan Blora melakukan serangkaian proses wawancara kepada ketua kelompok kerajinan anyaman bambu hingga Kepala Desa guna mengumpulkan data data yang dperlukan untuk pengangkatan Inovasi tersebut.

Dalam keterangannya, ketua kelompok anyaman bambu Desa jejeruk memaparkan bahwa kegiatan anyaman bambu ini selain menggunakan bahan dasar bambu yang mudah di dapat juga mudah untuk dikerjakan oleh masyarakat mulai dari ibu ibu hingga kaum bapak. Selain itu, kerajinan anyaman bambu ini juga memiliki nilai jual yang cukup tinggi hingga dapat dijadikan sebagai mata pencaharian penduduk lokal.

Selain itu, ditemui secara terpisah Kasimin, Kepala Desa Jejeruk merasa sangat senang apabila Kerajinan Anyaman Bambu Desa Jejeruk ini dapat diangkat dalam Bursa Inovasi Desa. Kasimin menambahkan, "selain pemasaran secara swadaya oleh kelompok anyaman, Desa jejeruk sendiri memiliki wadah guna menampung hasil karya kelompok anyaman bambu untuk dipasarkan nantinya. Kami juga mulai merambah pasar online melalui Facebook, dan Alhamdulillah masyarakat mulai mengenal, tertarik, dan memesan melalui media online."

Adapun produk anyaman bambu yang dibuat di Desa Jejeruk antara lain: Tudung saji, tempat sampah, keranjang cucian, tempat buah, tempat hantaran lamaran, kotak pensil, lampu dinding, lampion, kotak tissu, tempat Sendok, dan masih banyak lagi.

Semoga dengan diangkatnya Kerajinan Anyaman Bambu Desa Jejeruk ini kedalam Bursa Inovasi Desa nantinya dapat direplika/diduplikat oleh Desa lain di Kecamatan Blora. Sehingga dapat tercapainya tujuan pengembangan ekonomi lokal dan percepatan pembangunan desa guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Komentar atas Kegiatan Capturing TPID Kecamatan Blora

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Pelem

tampilkan dalam peta lebih besar