Sedekah Bumi: Pelem akan Gelar Kirab Budaya dan Hiburan Rakyat

Administrator 13 Juli 2018 02:17:17 WIB

Desa Pelem akan mengadakan Kirab Budaya dan hiburan rakyat dalam rangka Sedekah Bumi sebagai rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rejeki yang diberikan pada tahun ini. Kegiatan rutin tahunan ini juga bertujuan untuk melestarikan kebudayaan tradisional yang telah dilaksanakan sejak berpuluh tahun yang lalu. Menurut Mulyono, Ketua Panitia Kirab Budaya dan Sedekah Bumi, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk menghormati para pejuang pendahulu Desa dan juga harapan untuk keselamatan dan kemakmuran Desa kedepannya.

Rencananya, kegiatan sedekah bumi ini akan dilaksanakan pada hari jumat pon tanggal 27 juni 2018 mendatang. Hal tersebut disampaikan oleh pemerintah Desa Pelem melalui Kasi Pemerintahan Desa.

Sebelum acara kirab budaya ini berlangsung, pada hari kamis tanggal 26 Juli 2018 pukul 19.00 WIB di Balai Desa Pelem, akan digelar tahlil dan pengajian akbar sebagai rasa syukur dan haturan doa bagi para leluhur.

Kirab Budaya yang mengusung tema "Bersama Membangun Desa Pelem" diikuti oleh 22 kelompok peserta terdiri dari Rombongan Kepala Desa, perangkat Desa, Lembaga masyarakat dan Rt/Rw, 5 kelompok kesenian Desa, kreasi pemuda dari 12 Rt, 2 SD dan 1 Tk, juga Rombongan Drumband pengiring, dengan start balai desa pelem yang kemudian akan mengelilingi Desa Pelem dengan rute sejauh kurang lebih 2km. Kirab budaya ini akan di gelar pada hari Jumat pon, 27 Juli 2018 dan dimulai pada pukul 13.00 WIB.
Selanjutnya pada hari yang sama pukul 19.00 WIB akan digelar hiburan rakyat berupa campursari SANTANA yang bertempat di Balai Desa Pelem juga.

Adapun sumber dana yang akan digunakan untuk rentetan kegiatan sedekah bumi ini bersumber dari hasil lelang tanah kas Desa dan juga swadaya dari masyarakat itu sendiri.

Kepala Desa Pelem menyampaikan "ayo masyarakat Desa Pelem kita sukseskan kegiatan sedekah bumi ini dan semoga kegiatan ini dapat terselenggara dengan aman, lancar, dan tidak ada suatu halangan apapun sampai selesai nanti."

Ayo sedulur Pelem jangan lupa datang dan meriahkan acara sedekah bumi Desa Pelem tahun ini.

Komentar atas Sedekah Bumi: Pelem akan Gelar Kirab Budaya dan Hiburan Rakyat

Kang Sukman 13 Juli 2018 02:44:43 WIB
Bersyukur, kearifan lokal desa terus dilestarikan. Semoga acara ini membawa keberkahan. Amin...

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Pelem

tampilkan dalam peta lebih besar