pengrajin barongan blora

Administrator 08 November 2017 16:18:30 WIB

Blora, 8 November 2017

Blora merupakn salah satu kabupaten yang terdapat di provinsi Jawa tengah. Dalam masyarakat Blora terdapat satu kesenian yang cukup berkembang ,yaitu seni barong atau barongan. Barongan merupakan salah satu kesenian rakyat yang paling populer di kalangan masyarakat Blora,terutama masyarakat pedesaan. Di dalam seni barong tercermin sifat-sifat kerakyatan masyarakat Blora seperti,sifat spontanitas,kekeluargaan kesederhanaan,kasar,keras,kompak dan keberanian yang di landasi kebenaran.

                Ada salah satu pengrajin Barongan di Desa Pelem Kecamatan Blora Kabupaten Blora,yang bernamakan “NGAJIMIN” beliau merupakan salah satu pembuat barongan yang masih bertahan sampai sekarang.beliau memulai membuat kesenian barongan dari tahun 2002,dulu beliau ikut dalam satu paguyupan seni barong asal desa pelem yaitu “SINGO MARUTO JOYO” yang di ketua i oleh bapak Edi winarno asal pelem. Terus berjalanya tahun paguyuban tersebut menemui banyak perubahan sampai di tahun 2010 sempat kekurangan anggota di karenakan sepi nya manggung, banyak anggota yang lebih memilih kerja merantau.

Tetapi semangat bapak ngajimin tidak pantang menyerah beliau mengajari anak-anak menari dengan telaten samapi mereka mahir,dan bapak ngajimin juga menjual barongan dan topeng-topeng buto serta seragam barongan .

                Kios bapak ngajimin berada di desa pelem Rt: 01 Rw:02 atau depan puskesma pembantu pelem beliau melayani pembelian eceran dan partai besar. Bisa kirim –kirim ke luar kota insaALLAH amanat Bisa menghubungi

CP:         Phone :082328480957

                Wa       : 082328480957

 

Komentar atas pengrajin barongan blora

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Pelem

tampilkan dalam peta lebih besar